ARCIS : Isolasi DNA/RNA Tercepat Dalam Waktu 3 Menit

Materi genetic DNA/RNA biasanya diisolasi untuk berbagai macam keperluan analisis, seperti genotyping, sekuensing, micro array, dan banyak lagi. Proses isolasi tersebut merupakan tahapan yang sangat penting dalam penelitian biomolekuler, karena keberhasilan suatu analisis sangat ditentukan oleh proses isolasi materi genetik tersebut.

Biasanya proses isolasi memakan waktu yang lama, sehingga dapat menjadi kendala dalam memperoleh hasil analisis dalam waktu singkat. Selain itu, penggunaan berbagai alat-alat penunjang proses isolasi seperti mikrosentrifugasi, mini incubator, vorteks dan lainnya juga menjadi suatu kendala jika suatu laboratorium mempunyai keterbatasan alat penunjang tersebut. Cole Parmer bekerja sama dengan Arcis Biotechnology, menbuat inovasi baru dengan memperkenalkan Arcis Sample Preparation Kit, yang merupakan solusi untuk kedua masalah tersebut. Arcis mampu melakukan ekstraksi DNA/RNA pada sampel dalam waktu kurang dari 3 menit hanya dengan bantuan mikropipet dan microtube.

Arcis dapat digunakan untuk mengisolasi DNA dari berbagai macam jenis sampel seperti darah, sputum¸ rambut, urin, buccal swap, jamur, bakteri, dan lain-lain hanya dengan dua langkah mudah. Tahap pertama dapat kita sebut sebagai tahapan lisis dan tahap kedua dapat disebut sebagai tahapan pencucian (washing).


Pada tahapan pertama larutan Arcis akan membuat sel terbuka sehingga materi genetik terlepas, sesuai dengan nama tahapannya, terjadi porses lisis. Tahapan kedua dimana larutan berisi sampel pada tabung pertama bercampur dengan larutan tabung kedua, dalam tabung kedua ini materi genetik berelaksasi dan seolah tercuci, sehingga siap untuk dipakai dalam analisis selanjutnya. Materi genetic pada tabung kedua dapat langsung digunakan. Hasil isolasi tersebut sudah dapat digunakan untuk tahapan PCR dan qPCR.

Proses ekstraksi DNA/RNA menggunakan Arcis tanpa memerlukan pemanasan atau pendinginan, serta tidak membutuhkan proses pemutaran dan pencucian berkali-kali. Arcis merupakan solusi yang tepat dalam isolasi DNA/RNA.

Leave a comment

You must be logged in to post a comment.