Mengapa Titik Lebur Itu Penting?

Titik lebur merupakan pengukuran yang penting untuk suatu senyawa, karena titik lebur dapat digunakan untuk mengidentifikasi suatu zat dan mengindikasikan kemuriannya. Titik lebur suatu padatan dapat didefinisikan sebagai suhu dimana suatu padatan berada pada keseitimbangan dengan fase cairnya dibawah tekanan atmosphere yang sama. Penerapan aplikasi dari titik lebur biasanya dilakukan di bidang Farmasi, Industri Kemasan, Industri Makanan dan Minuman.

Cole Parmer mengumumkan bahwa Stuart, yang merupakan produsen peralatan labratorium terkemuka di Inggris, telah meluncurkan SMP50, suatu sistem pengukuran titik lebur otomatis yang menggabungkan teknologi video bersesolusi tinggi yang dikombinasikan dengan perhitungan algoritma untuk menentukan titik lebur sampai tiga sampel, secara simultan dan otomatis. SMP 50 dilengkapi dengan kamera digital yang dapat merekam sampel yang melebur dan memberikan informasi hasil yang didapat secara otomatis. Video hasil perekaman dapat dengan mudah di transfer ke PC sebagai bukti pengukuran.

SMP50 merupakan melting point generasi terbaru dari Stuart, yang dipercaya untuk mengukur titik lebur sampel secara otomatis, melalui pantauan dan dapat mengidentifikasi perubahan kecil yang terjadi pada sampel. Kemampuan yang akurat dapat menghemat waktu serta tenaga bagi para ilmuan yang dapat diselaraskan dengan Pharmacopeia dan GLP. Sistem yang digunakan berbasis Android, yang membuat alat ini mudah digunakan SMP50 juga dapat diunakan untuk mode Rapid Ramp, Quickly Scanning seluruh rentang suhu (20OC per menit), hal ini berguna untuk mengukur sampel yang tidak diketahui titik leburnya.

 

Leave a comment

You must be logged in to post a comment.