pH meter merupakan salah satu alat ukur yang digunakan untuk mengukur aktifitas ion Hidrogen pada suatu zat apakah asam atau basa yang biasa disebut derajat keasaman atau pH. pH meter mengukur pH dengan range nilai 1-14. Zat dengan nilai pH <7 bersifat asam dan zat dengan nilai pH >7 bersifat basa.

Untuk dapat melakukan pengukuran pH dengan pH meter, kita memerlukan elektroda. Elektroda yang digunakan tergantung dari jenis sampel yang akan diukur. Sebagai contoh elektroda untuk mengukur air akan berbeda dengan elektroda yang digunakan untuk sampel jenis cream. Elektroda terbuat dari membran kaca yang diujungnya berbentuk bulat, yang didalamnya terdapat senyawa sodium dan calcium. 

Agar pengukuran yang dilakukan akurat, maka harus dilakukan kalibrasi, kalibrasi dilakukan dengan menggunakan buffer dengan pH 4, 7, dan 10. Beberapa jenis pH meter sudah dilengkapi dengan pengukuran suhu, terdapat juga pH meter yang dilengkapi dengan pengukuran conductivity. PT. Ecosains menyediakan berbagai macam jenis pH meter, terdapat pH meter benchtop yang digunakan di dalam laboratorium dan pH meter portable  yang dapat digunakan untuk di lapang. Juga terdapat bermacam-macam jenis electrode yang dapat mengakomodasi beberapan jenis sesuai dengan kebutuhan konsumen.


pH

Sumber gambar: jenway.com