Biosafety Cabinet sebagai alat pendukung pengujian covid 19

Biosafety Cabinet (BSC) atau yang sering disebut lemari pengaman biologis maupun lemari pengaman mikrobiologis merupakan ruang kerja laboratorium berventilasi tertutup untuk bekerja secara aman dengan bahan yang dapat atau diindikasi terkontaminasi dengan (atau berpotensi terkontaminasi dengan) patogen yang membutuhkan tingkat keamanan hayati yang ditentukan. Tujuan utama dari penggunaan Biosafety Cabinet (BSC) yaitu sebagai sarana untuk melindungi pekerja laboratorium dan lingkungan sekitarnya dari patogen. Prinsip kerjanya cukup sederhana dimana semua udara buangan akan disaring oleh filter di dalam alat BSC tersebut, dimana pada saat keluar dari kabinet atau BSC (Biosafety Cabinet) udara buangan sudah terminimalisir dari kontaminan, sebab filter akan membantu menghilangkan bakteri dan virus yang berbahaya. 

Ada beberapa jenis type BSC yang berbeda. Perbedaan jenis BSC ini berdasarkan derajat biocontainment yang diperlukan. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) mengklasifikasikan BSC menjadi tiga kelas, yaitu BSC kelas I, kelas II, dan kelas III.  Kelas-kelas ini dan jenis-jenis BSC di dalamnya dibedakan dalam dua cara melalui tingkat personal dan perlindungan lingkungan yang disediakan serta tingkat produk perlindungan yang disediakan.

Pasalnya yang sering kita jumpai diberbagai laboratorium cenderung menggunakan Lemari pengaman biologis (BSC) kelas II, sebab (BSC Biosafety Cabinet) Kelas II menyediakan dua jenis perlindungan (dari sampel dan lingkungan) karena udara akan disaring oleh filter dalam alat BSC tersebut. Prinsip operasi BSC kelas II ini cukup standar, dimana menggunakan blower yang digerakkan motor (kipas) yang dipasang di kabinet untuk mengalirkan aliran udara masal ke pengguna dan masuk ke kisi-kisi udara - melindungi operator. Udara kemudian ditarik di bawah permukaan kerja dan kembali ke atas kabinet di mana ia melewati filter. Kolom-kolom yang terdapat pada filter akan membuat udara steril juga tertiup ke bawah, serta ke atas produk dan berproses kembali untuk mencegah kontaminasi. 

Kebutuhan Biosafety Cabinet (BSC) ini menjadi perhatian khusus setiap user di Laboratorium sebab alat ini menjadi aspek penting yang harus dimiliki dan sebagai salah satu syarat keamaan laboratorium terutama pada laboratorium yang bekerja dengan jenis sampel patogen ataupun bahan kimia berbahaya. Apalagi pada keadaan pandemic Covid-19 ini, dimana alat BSC (Biosafety Cabinet ) ini menjadi salah satu persyaratan untuk beroperasinya laboratorium pengujian sampel – sampel virus Corona ini. Sebagai salah satu aspek penting tentu diharapkan setiap user laboratorium dapat dengan selektif memilih Brand dalam pemenuhan kebutuhan BSC (Biosafety Cabinet) ini, sebab acapkali banyak yang sulit membedakan antara BSC dengan laminar flow maupun hanya lemari asam biasa, sehingga para user harus dengan benar memilih distributor yang paham sekali akan kebutuhannya. 

PT Ecosains Hayati menjadi agen resmi dari Haier Biomedical dimana kami konsen terhadap kemajuan - kemajuan teknologi dibidang laboratorium, salah satunya untuk alat BSC (Biosafety Cabinet) ini. Kami menyediakan berbagai macam jenis BSC (Biosafety Cabinet) sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan oleh masing - masing user. Salah satu yang perlu user perhatikan saat mencari dan memilih BSC (Biosafety Cabinet) mana yang akan digunakan ialah dari filter yang digunakan pada alat.     

Pada umumnya, terdapat beberapa jenis filter penyaring udara yang digunakan.  Dua diantaranya yaitu filter HEPA (High Efficiency Particulate Air) dan ULPA (Ultra-Low Particulat Air). Kendatinya kedua jenis filter ini memiliki fungsi dan kapasitas penyaringan masing-masing beserta keunggulan masing-masing namun akan lebih baik jika digunakan secara bersamaan.
 
Biosafety Cabinet (BSC) dari Haier Biomedical yang kami agenkan menggunakan jenis filter ULPA (Ultra-Low Particulat Air) merupakan filter udara hampir 99,999% dapat menghilangkan debu, serbuk sari, jamur, bakteri dan partikel udara apapun dengan ukuran penetrasi partikel minimum 100 nanometer (0,1 μm). Filter ini menjadi salah satu yang unggul sebab dapat memfilter partikel – partikel dengan ukuran besar dibandingkan dengan filter HEPA. ULPA merupakan Ultra-efisien filter, ULPA adalah filter udara yang cara kerja dasarnya  untuk lebih memperkuat efek filter HEPA. Jika dibandingkan dengan filter HEPA, struktur material filter ULPA lebih kompak dan efisiensi penyaringan lebih tinggi. Filter ULPA memiliki area filtrasi yang lebih besar dan kapasitas penyaring debu yang lebih kuat. Adapun Fitur ULPA filter yaitu ; Filter cartridge dengan bahan serat kaca ultra-halus disaring dari lem, frame dapat dipilih papan dilaminasi, pelat tembaga galvanis, papan stainless steel dan plat paduan aluminium, melalui perekat polyurethane terikat erat, dengan bobot yang ringan, permeabilitas udara besar, tingkat pengumpulan debu hingga 99.95-99.999%, dan memiliki ketahanan alkali, serta tahan pada suhu tinggi.
 
Selain dari filter yang digunakan, BSC (Biosafety Cabinet) Haier Biomedical memilki keunggulan lainnya yaitu, sudah terpasangnya layar LCD digital pada alat, memiliki tampilan parameter kunci waktu yang nyata dengan menunjukkan kecepatan aliran bawah dan arus masuk, kecepatan, volume aliran udara, tekanan statis, tekanan negatif, waktu perputaran akumulatif kipas, waktu berjalan akumulatif dari lampu UV, dan sisa umur filter pada alat, terdapat pula alarm suara dan visual untuk parameter abnormal, fungsi pengaturan jam, fungsi timer sterilisasi lampu UV, Platform operasi stainless steel 304 berkualitas tanpa sekrup, tanda megakumulasi kontaminan, terdapat pula paelat aliran udara masuk yang dapat diturunkan, mudah dibersihkan dan disterilkan, memiliki dinding internal pada tiga sisi area operasi yang terbuat dari piring tunggal dengan sudut - sudut busur 12mm tidak meninggalkan area pembersihan yang tersembunyi. Pada alatnya juga terdapat indikator volume tangki cairan lebih dari 4L, dilengkapi dengan katup keluar untuk pembersihan dan perawatan yang nyaman, serta mampu melakukan pemblokiran aliran udara yang dipatenkan dan diadopsi di tepi atas dan keduanya, tepi jendela depan untuk menghilangkan eksposur mikroorganisme. 

Tertarik untuk mengenal PT Ecosains Hayati Bersama product Haier Biomedical jangan sungkan untuk terus update website, media sosial dan maupun dapat menghubungi sales executive kami untuk penjelasan dan info lebih lanjut di alamat email info@ecosainshayati.com