Corona Virus Disease 19 atau sering disebut Covid-19 merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh virus corona (SARS-COV-2). Virus SARS-COV-2 ini merupakan keluarga besar dari virus yang dapat menyebabkan flu biasa hingga penyakit MERS atau SARS. Kasus pertama covid-19 terdapat di Wuhan, China pada akhir tahun 2019, kemudian menyebar ke hampir seluruh belahan dunia. Tercatat 195 negara telah terinveksi covid-19 dengan 378.394 kasus infeksi dan 16.491 kasus kematian akibar covid-19 (24/3/2020).  Penyebaran yang sangat cepat dan mudah ini membuat masyarakat khawatir akan keberandaan virus SARS-COV-2.

Banyak penelitian yang dilakukan untuk mengetahui lebih jauh tentang Virus corona atau yang disebut virus SARS-COV-2. Diketahui bahwa angiotensin-converting enzyme 2 (ACE2) merupakan reseptor dari virus SARS-Cov-2. Yang harus diperhatikan adalah banyak obat dan beberapa bahan pangan yang mengandung bahan-bahan yang dapat meningkatkan kerja ACE2 sehingga ika kita mengkonsumsinya, tubuh kita memiliki reseptor yang banyak untuk virus ini, akibtanya, kita bisa mudah terserang oleh coivid-19. Beberapa penelitian menyebutkan curcumin (kunyit) dapat menigkatkan kerja ACE2.

Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa 3 dari 140 pasien dengan covid-19 yang dirawat di rumah sakit, 30% menderita hipertensi dan 12% menderita diabetes, hal ini dikarenakan kedua penyakit tersebut diobati dengan ACE2 yang merupakan resoptor dari virus SARS-Cov-19.WHO juga sudah mengeluarkan anjuran untuk orang dengan gejala covid-19 untuk tidak meminum obat dengan kandungan ibuprofen, karena ibuprofen juga termasuk yang akan meningkatkan ACE2.