Metode Deteksi Terbaru Pengganti PCR dengan Hasil yang Cepat, Murah, dan easy-to-use, LAMP Amplification

Metode Loop-mediated Isothermal Amplification (LAMP)

Metode Loop-mediated Isothermal Amplification (LAMP) merupakan metode amplifikasi asam nukleat yang tergolong baru, tidak kalah sensitif, dan termasuk metode dengan target spesifik dengan hanya memanfaatkan suhu yang stabil selama proses amplifikasi asam nukleat. Metode LAMP dapat digunakan sebagai metode pendeteksi beberapa patogen dengan biaya yang relatif lebih murah. Sebagai alternatif dari metode PCR, metode LAMP dapat mendeteksi asam nukleat secara real-time maupun end-point (elektroforesis agar). 

Hingga saat ini, metode amplifikasi LAMP telah teruji dan digunakan dalam beberapa penelitian di dunia alternatif dari teknik amplifikasi PCR. Telah tercatat bahwa metode LAMP telah digunakan untuk mengidentifikasi mikroorganisme patogen berdasarkan isolat asam nukleat yang terdapat pada jaringan manusia. Penggunaan metode ini juga digunakan untuk mendeteksi patogen di bahan makanan, hewan, tumbuhan, dan lingkungan. Penggunaan LAMP memiliki prinsip looping DNA pada suhu isotermal. Dikarenakan suhu tetap, proses amplifikasi pada metode LAMP cenderung lebih cepat dibandingkan dengan metode PCR. Metode amplifikasi LAMP juga hanya memerlukan reagen dan alat yang sederhana (tanpa thermal cycler) sehingga relatif lebih murah. Lebih lanjut, metode amplifikasi LAMP juga dapat digunakan untuk amplifikasi RNA dengan menambahkan proses reverse transcription (RT-LAMP).

Odoo text and image block

Di masa depan, metode LAMP dapat menjadi metode pengganti PCR dalam segala bidang pendeteksian. Salah satu aplikasi LAMP yang terus dikembangkan adalah pendeteksian kehalalan produk. Dikutip dari detik.com (01/2015), Lembaga LPPOM MUI mengadakan pelatihan dan pengenalan metode amplifikasi LAMP untuk deteksi produk non-halal pengganti metode PCR. Terbaru, metode amplifikasi LAMP telah dilakukan untuk uji sertifikasi HALAL untuk pendeteksian kandungan babi melalui keberadaan DNA babi pada produk komersial. Hal tersebut diharapkan menjadi langkah awal metode LAMP digunakan untuk aplikasi di beberapa lembaga lain. Berdasarkan medcom.id (10/2020), selama pandemi COVID-19, beberapa negara telah mengembangkan metode amplifikasi LAMP dalam pendeteksian COVID-19. Di Indonesia sendiri, Pemerintah melalui Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sedang mengembangkan metode LAMP dalam mendeteksi virus SARS-CoV-2 sebagai alternatif TCM antigen dan RT-qPCR.

Metode amplifikasi LAMP dalam mendeteksi keberadaan asam nukleat patogen dengan sensitivitas yang tinggi memerlukan komponen reagen yang telah terpercaya. Kami PT. ECOSAINS HAYATI menyediakan komponen reagen master mix dari brand yang terpercaya di dunia yakni LGC Biosearch Technologies. Kami menyediakan komponen reagen master mix dari LGC Biosearch Technologies yakni:

        LGC LavaLAMP™ RNA/DNA Master Mix Kit
        kit reagen LAMP RNA/DNA tersedia dalam bentuk Component Kit dan easy-to-use master mix. tersebut digunakan untuk optimasi dan pengembangan reaksi LAMP
        dengan sampel RNA atau DNA.

Jika terdapat pertanyaan dan diskusi lebih lanjut, silakan hubungi PT. ECOSAINS HAYATI pada kontak yang telah disediakan.

Kamu punya pertanyaan kedapa kami?

Klik kontak di samping ya.