Pemurnian/ Pemekatan sampel DNA menggunakan Techne Sample Concentrator

 Salah satu pengaplikasian Techne Sample Concentrator adalah pemekatan Konsentrasi DNA dengan Techne Sample Concentrator. Dalam aplikasi ini, akan dibandingkan tiga metode; menggunakan Techne Sample Concentrator untuk mengeringkan sampel; metode tradisional menggunakan etanol; dan presipitasi isopropanol. Artikel ini juga menampilkan waktu yang dibutuhkan untuk menguapkan sampel etanol pada konsentrasi berbeda.

Biasanya DNA dan RNA dimurnikan dengan etanol atau isopropanol. Dengan metode ini akan banyak waktu yang terbuang apalagi jika jumlah sampel banyak, selain itu resiko kehilangan sampel dan kontaminasi pada proses sentrifugasi. Dalam percobaan ini, 0,5 ml volume larutan DNA dengan berbagai konsentrasi terkonsentrasi pada alcohol diendapkan kemudian disuspensi kembali dalam volume yang sama untuk menentukan apakah ada sampel yang hilang dalam setiap proses. Hasil disajikan pada grafik berikut.











  
Dari grafik di atas menunjukkan penggunaan Techne Sample Concentrator untuk menghilangkan pelarut sample DNA merupakan proses yang cepat tidak mengakibatkan hilangnya kualitas dan kuantitas sample. Waktu yang dibutuhkan untuk menguapkan 0,5 ml sample dilarutkan dalam air adalah 70-90 menit. Hasil ini lebih cepat jika dibandingkan dengan metode presipitasi alcohol yang membutuhkan waktu 2-3 jam. Penggunaan Techne Sample Concentrator ideal digunakan untuk sampel dengan konsentrasi kecil hingga sedang dimana pembuangan garam tidak diperlukan.