Pengaruh Kadar Klorine Bila Tidak Ideal

(<1,0 ppm atau >1,5 ppm)

Karena peran klorine yang cukup penting pada kualitas air kolam yakni sebagai penjernih dan desinfektan maka harus juga untuk diperhatikan. Kadar klorin dalam air kolam renang dapat dengan mudah diketahui menggunakan alat ukur kadar klorine seperti menggunakan Pool Lab 1.0 dari Water I.D

PoolLab® 1.0 adalah solusi sempurna untuk professional analisis air kolam dan spa. pengambilan sampel cepat hanya dengan mencelupkan PoolLab ke dalam air. metode pengukuran terdiri dari pH, klorin (bebas|gabungan|total), alkalinitas, asam sianurat (penstabil), oksigen aktif (MPS), bromin, klorin dioksida, ozon, hidrogen peroksida, kesadahan (total, kalsium), urea dan PHMB.

Odoo text and image block
Gambar 1. Pool Lab 1.0 Water I.D

PoolLab® 1.0 dilengkapi Bluetooth® dan oleh karena itu dapat dihubungkan ke perangkat lunak dan aplikasi LabCom® gratis untuk,menyinkronkan hasil tes berdasarkan akun, mencetak laporan, dan bahkan menerima rekomendasi dosis berdasarkan individu yang melakukan pemantauan.

Odoo image and text block
Gambar 2. Kolam renang yang berlumut

Apabila kadar klorine terlalu rendah akan berpotensi menyebabkan tumbuhnya lumut dan mempercepat pertumbuhan bakteri yang mana bisa membuat air kolam menjadi keruh. Sementara jika terlalu tinggi juga akan berakibat buruk yaitu menyebabkan iritasi pada mata, hidung, dan kulit.

Proses-proses di atas dapat dijadikan acuan dalam pengelolaan air kolam agar diperoleh kualitas air kolam renang yang terjamin. Tidak hanya itu, kesadaran dari pengelola kolam renang untuk senantiasa menjaga kualitas air kolam juga sangat dibutuhkan.

Dalam melakukan pengelolaan hendaknya memperhatikan aturan pemakaian dan kadar bahan kimia yang ditambahkan. Hal itu perlu dilakukan agar pemakai terhindar dari dampak negatif yang ditimbulkan oleh pemakaian zat-zat kimia yang tidak prosedural. Masyarakat sebagai pemakai kolam renang hendaknya memperhatikan kualitas air kolam renang yang akan digunakan. Kita sebagai konsumen juga harus mencari referensi tentang kondisi air kolam renang agar kita tidak dirugikan di kemudian hari (terkena penyakit).

Mengingat pentingnya pengaruh air kolam renang pada kesehatan maka pengecekan kadar air menjadi hal penting yang harus rutin dilakukan. Selain itu, dalam menentukan takaran obat yang diperlukan untuk pengkondisian juga harus benar. Hal ini guna menjaga kualitas air kolam renang tetap stabil dan ideal serta tetap sehat.