Pengujian E-Coli dengan menggunakan metode Tecta PDS

Di era digital seperti saat ini waktu dan akurasi dalam melakukan pengujian sampel  sangat berharga dan di butuhkan dalam pengambilan keputusan didalam setiap pengujian parameter. Di mana ini jadi tantangkan bagi kalangan yang bergerak di bidang laboratorium untuk dapat terus memberikan solusi yang terbaik. Ini pun jadi tantangan bagi kalangan analis laboratorium dalam melakukan pengujian di mana ketepatan waktu dan akurasi jadi hal sangat penting dalam pengambilan kuputusan.

Seiring berjalannya waktu teknologi pengujian laboratorium sudah banyak mengalami perubahan, di mana saat ini sudah banyak metode pengujian yang mengedepankan keakurasian dan kecepatan waktu dalam proses Analisanya. Seperi contohnya dalam pengujian parameter E-Coli dimana Ketika metode terdahulu pengujian ini memakan waktu yang cukup lama kurang lebih sekitar 48 jam hal ini sangat berpengaruh dalam proses pengambilan keputusan. Di mana ketika proses Analisa nya cukup lama ini bisa mengakibatkan hal-hal yag tidak diinginkan terjadi.

alat penguji ecoli
cara alat penguji ecoli

Dari masalah ini yang menjadi pelopor perusahaan asal Canada Tecta PDS hadir dengan memberikan solusi pengujian untuk parameter E-Coli, Coliform, dan Fecal Coliform dengan menggunakan metode pengujian yang proses Analisa nya hanya membutuhkan waktu sekitar 2-18 jam. Dan keakurasian hasil Analisa yang tepat di mana satuan hasil Analisa berupa CFU/100 ml (kuantitatif) dimana metode ini perhitungannya mendeteksi setiap satu koloni. Berbeda dengan metode yang umum digunakan dengan menggunkan satuan MPN (semi kuantitaif) metode perhitungannya dengan teori probalitas positif-negative.

Analisa E-Coli, Coliform dan Fecal Coliform juga dalam proses pemeriksaannya tidak perlu memerlukan preparasi sampel yang sangat memakan waktu dalam proses analisanya. Di dalam proses deteksi sampel dengan menggunakan alat Tecta PDS sampel hanya di masukkan kedalam catridge dan di masukkan ke dalam alat, proses inkubasi sampai mengeluarkan hasil langsung terjadi didalam alat Tecta PDS. Hal ini yang sangat berbeda dnegan menggunakan metode pengujian yang lain yang masih memerlukan prepatasi sampel yang cukup lama dan proses nya yang ribet.

Video Pengoperasian alat Tecta PDS