PENTINGNYA MONITORING KUALITAS AIR PADA TAMBAK PEMBESARAN UDANG VANAMEI

    Budidaya adalah suatu istilah yang berhubungan dengan suatu proses memperbanyak sumber daya hayati. Budidaya bertujuan untuk tetap berkelanjutan dan untuk mencapai hasil yang berguna dan bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Salah satu yang sedang marak menjadi perbincangan ialah budidaya udang. 

    Udang adalah binatang yang hidup di perairan, khususnya sungai, laut, atau danau. Udang dapat ditemukan di hampir semua perairan  yang berukuran besar baik air tawar, air payau, maupun air asin pada kedalaman bervariasi, dari dekat permukaan hingga beberapa ribu meter di bawah permukaan. Udang yang potensial untuk dibudidayakan dalam tambak adalah udang windu (Penaeus monodon) dan udang vaname (Litopenaeus vannamei). Keduanya mampu menoleransi kadar garam antara 0 hingga 45 persen. 

    Tambak udang yang ideal ialah sebuah kolam yang dibangun dengan memperhatikan kualitas air seperti keasaman dan kadar garam-nya sebab udang adalah hewan penyaring udara sehingga kualitas air tambak tersebut sangat menentukan hasil keberhasilan budidaya udang yang didapatkan oleh petambak. Manajemen kualitas air merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan oleh para pembudidaya untuk meningkatkan produksi udang vannamei. Cara yang ditempuh dapat ditinjau dari parameter kimia perairan, diantaranya meliputi kegiatan monitoring, pengelolaan kualitas air.




Gambar 1. Udang Vanname
(Sumber : kkp.go.id)

Jika manajemen  kualitas  air  telah  dilakukan secara optimal yang didukung dengan adanya  sarana dan  prasarana  pendukung  maka diharapkan lingkungan tambak udang vannamei optimal  sesuai  dengan  kisaran  hidup  udang sehingga  pertumbuhan  udang  cepat  dan akhirnya tercipta produksi yang maksimal. Parameter kimia kualitas  air  tambak  yang perlu dimonitor secara rutin Antara lain : oksigen terlarut (DO) 3  –  7,5  mg/l,  amoniak <0,02  mg/l, alkalinitas 50  –  300  mg/L, dan pH 7-8.

Prime lab 1.0 merupakan salah satu produk dari Water I.D yang berasal dari jerman dapat menjadi solusi yang tepat untuk membantu dalam memonitoring secara rutin kualitas air ditambak udang anda. Dengan pengalam lebih dari 15 tahun focus terhadap pengujian kualitas air.






Gambar 2.Water i.d Prime lab 1.0

 Prime lab 1.0 memiliki 130 program metode pengukuran parameter kimia air yang tersimpan, sehingga sangat mempermudah untuk mengukur seluruh parameter air dari Alkalinitas hingga zinc hanya dengan menggunakan satu alat saja. penggunaanya yang sangat mudah dan dengan ketelitian yang sangat tinggi dengan resolusi 0.01-0.1, tidak perlu diragukan lagi hasil pengukuran yang diperoleh.





                                                                                Tabel 1. Program parameter kimia prime lab 1.0

Selain itu prime lab 1.0 sudah dilengkapi dengan kotak/box pelindung sehingga sangat aman untuk dibawa kemana-mana tanpa perlu khawatir. Dengan segala kelebihan yang dimiliki kini sudah saatnya mempercayakan pengujian kualitas air tambak anda dengan Prime lab 1.0 dari Water I.D   


Gambar 3. Prime lab 1.0 dan kelengkapannya