Peran LGC dalam Pendeteksian Covid19

LGC merupakan pencipta bahan kimia spesifik di bidang biomolekuler, seperti Black Hole QuencherTM (BHQTM), BlackBerryTMQuencher (BBQ-650TM), dan critical dye dan komponen lainnya untuk pengembangan kit diagnostik. LGC sudah menyediakan solusi untuk pendeteksian berbagai macam virus, termasuk influenza, H1N1 (flu babi), chikungunya, zika, dan ebola. 

Di saat pandemi Covid-19 melanda dunia, LGC juga terus mengembangkan produk yang dapat digunakan untuk mendeteksi virus tersebut, guna untuk mempercepat penanganan pandemi yang terjadi. LGC menciptakan beberapa produk yang dapat digunakan untuk pendeteksian covid19. Mulai dari produk ekstraksi sampai produk kit deteksi untuk RT-qPCR. 

Produk ekstraksi yang dihadirkan oleh LGC adalah sbeadex, dengan metode ekstraksi dengan menggunakan magnetic beads, menghasilkan RNA dengan kemurnian yang baik dengan jumlah yang banyak. Untuk proses deteksi LGC menghadirkan primer probe dengan 3 gen deteksi (N1, N2, dan RP) yang sudah sesuai dengan protocol CDC dan telah  diakui oleh CDC. Tak hanya itu LGC juga melengkapi reagen deteksi ini dengan one-step mix yang dapat digunakan bersama dengan primer dan probe nya. Selain itu, LGC juga membuat kit deteksi covid19, influenza A, dan influenza B dalam satu kit, sehingga kita dapat mendeteksi ketiga virus tersebut dalam satu waktu. LGC juga menghadirkan Expand COVID-19 PCR testing infrastructure, yang dapat mengerjakan 35.000 sampel pasien/harinya. Sistem ini juga dapat diupgrade dengan Ultra-high-throughputPCR capabilities, dengan kapasitas 150.000 sampel pasien/harinya.