Alat Laboratorium dengan Berbagai Aksesories

Spectrophotometer Alat Laboratorium dengan Berbagai Aksesories

Oktaviani Veronika

Pengertian spectrophotometer dan bagian utama.

Spectrophotometer merupakan instrumentasi yang digunakan untuk pengukuran suatu zat secara kuantitatif dengan mengukur intesitas cahaya yang diserap setelah itu diteruskan melalui larutan sampel. Secara umum, bagian  - bagian dari spectrophotometer adalah, sumber cahaya (lampu),lensa, monochromator( gratting), cuvette holder / tempat sampel, detector dan display digital sebagai penunjuk hasil. Pada pengukuran secara spectrophotometer, hasil yang akan di tunjukkan oleh alat spectrophotometer merupakan Abs dan konsentrasi dari larutan sample tersebut.

 

Jika di lihat dari jenis panjang gelombang (wavelength) yang di gunakannya, spectrophotometer di bagi menjadi 2 jenis, yaitu:

1.     Spectrohotometer UV-Vis: Menggunakan sumber cahaya ultraviolet / UV range (185-400 nm) dan Visible range (400-700 nm)

2.     Spectrophotometer IR: Menggunakan sumber cahaya infrared (700 -15000 nm)

Dengan berkembangnya teknologi, beberapa brand sudah menggabungkan spectrophotometer jenis sumber cahaya di dalam satu device seperti spectrophotometer yang dimiliki oleh brand Hitachi, Simadzu, dan lain-lain. Sesuai dengan kebutuhan atau jenis sampel yang akan di ukur, maka spectrophotometer di buat lebih bervariasi pada sampel holdernya. Spectrophotometer yang ada saat ini, memiliki beberapa pilihan sampel holder yang di antaranya:

1.     Spectrophotometer dengan cuvette holder seperti pada brand Jenway type 6850, 7315, 7415 (lebih detail klik disini)

2.     Spectrophotometer dengan nano holder seperti pada brand Jenway type Genova Nano  dan 7415 Nano (lebih detail klik disini)

Dengan berkembangnya kebutuhan akan variasi sampel yang lebih beragam, beberapa produsen spectrophotometer seperti Jenway telah memberikan pilihan aksesoris sampel holder yang lebih beragam, contohnya di bawah ini:

 

Figure 1 Spectrophotometer Jenway, 8 position automatic cell changer cuvette, for model 6850

8 position automatic cell changer untuk penggunaan beberapa cuvette / kuvet secara otomatis

 

Figure 2 Spectrophotometer Jenway ,10 to 100mm path length cuvette holder

Path length cuvette holder 10-100 mm


Figure 3 Spectrophotometer Jenway , Combined Sipper-Peltier with 10x10mm cell accessory

Combined Sipper – Peltier with 10 x 10 mm cell cuvette. Aksesories ini berfungsi untuk pengukuran sampel yang membutuhkan pemanas dengan temperature 15°C to 40ºC dan membutuhkan pompa, agar sampel tidak membeku dan lebih efisien.

Micro volume cell holder ini berfungsi untuk jenis sampel yang memiliki volume sangat sedikit (maksimal 5 uL) yang biasanya di gunakan pada sampel-sampel DNA.

 

Dengan berbagai jenis aksesories dan teknologi tersebut , maka para peneliti dan pengguna aka jauh lebih mudah dalam mengaplikasikan berbagai jenis sampel dan metode. (Dwinanto, 2019)



Leave a comment

You must be logged in to post a comment.