Alat Laboratorium Dengan Berbagai Aplikasi & Kemudahannya

Spectrophotometer Alat Laboratorium dengan Berbagai Aplikasi dan Kemudahannya

Oktaviani Veronika

Pada awalnya, Spectrophotometer lebih banyak digunakan pada laboratorium kimia, untuk mengukur secara kuantitatif kadar logam, zat aktif pada obat-obatan dan konsentrasi suatu zat anorganik pada larutan sampel. Semakin berkembangnya dunia sains, maka metode spectrophotometeri ini digunakan juga pada jenis laboratorium lainnya, seperti laboratorium mikrobiologi, biologi molekuler dan kesehatan. Oleh karena itu, spectrophotometer masih menjadi instrument yang sangat dibutuhkan di berbagai penelitian dan laboratorium

Spectrophotometer di bidang mikrobiologi dapat di gunakan untuk penelitian pertumbuhan bakteri. Suatu bakteri memiliki laju pertumbuhan yang dapat di ketahui, yaitu  fase lag, fase pertumbuhan exponential , fase tetap / stationary dan fase kematian.

Laju pertumbuhan bakteri ini dapat di ukur dengan spectrophotometer pada mode pengukuran densitas (density). Semakin banyak bakteri yang berkembang, maka semakin tinggi atau berbanding lurus dengan densitas bakteri dalam larutan sampel, sehingga cahaya yang di serap oleh larutan sampel semakin banyak. Hal ini sangat berguna pada berbagai bidang, seperti bidang makanan dan minuman pada pembuatan yogurt serta bidang lingkungan untuk mengetahui waktu optimal bakteri dalam mengdegradasi limbah.

Spectrophotometer di bidang Biologi molecular biasanya digunakan untuk mengetahui kemurnian dan konsentrasi dari DNA/RNA murni. Pengujian spectrophotometer ini dilakukan setelah proses 


ekstraksi DNA/RNA dari suatu sampel, sehingga dapat di ketahui wholeDNA yang di dapatkan dari proses ekstraksi sudah mencukupi untuk proses selanjutnya. Saat kemurnian dan jumlah DNA telah mencukupi standar , maka, DNA dan dilakukan pengujian pada peralatan lainnya seperti PCR, Real Time PCR dan Sequencing. Pada brand Jenway, terdapat beberapa model spectrophotometer dengan fitur untuk pengujian DNA/RNA seperti model 7415 nano dan Genova Nano (lebih detail klik disini).

Related image

Image result for genova nano

Leave a comment

You must be logged in to post a comment.