Haier Biomedical Ultra low temperature freezer

Low temperature storage equipment for biomedical samples

Oktaviani Veronika

Penyimpanan material biologis maupun bahan kimia di laboratorium merupakan bagian yang sangat penting dikarenakan kedua bahan tersebut cenderung memiliki potensi bahaya, seperti bahaya kontaminasi, bahaya terbakar, maupun bahaya lainnya. Salah satu komponen yang harus diperhatikan ketika melakukan penyimpanan adalah suhu. Suhu penyimpanan merupakan komponen yang sangat penting dalam bidang life science, farmasi, dan laboratorium klinik, dimana penyimpanan sampel ataupun bahan kimia dalam jangka panjang memerlukan kondisi suhu yang tepat. Bahan-bahan yang disimpan seperti sampel, kultur bakteri, stem cell, plasma, dan berbagai macam sampel biologis lainnya harus disimpan pada suhu yang sesuai.

 

Terdapat beberapa macam jenis penyimpanan dingin yang digunakan di laboratorium, seperti refrigerator (2-8OC ) yang digunakan pada aplikasi mikrobiologi dengan fungsi utama sebagai menghambat atau memperlambat pertumbuhan mikroorganisme, freezer yang digunakan untuk menyimpan bahan yang akan rusak bila dibiarkan dalam keadaan tidak beku seperti reagen, enzim, dan larutan tertentu. 

Freezer terbagi lagi menjadi berberapa bagian berdasarkan suhu nya yaitu Laboratory freezer (-20OC), low temperature freezer (-40OC), dan ultra low temperature freezer (-86OC). Pemilihan suhu penyimapanan yang sesuai dapat berdasarkan jenis bahan yang akan disimpan. Ketidak sesuaian suhu penyimanan dapat menyebabkan terjadinya kontaminasi dan kerusakan pada sampel, material biologis, maupun bahan kimia yang disimpan. 

Lebih jauh kita akan bahas tentang kegunaan ultra low temperature freezer (-86OC). Jenis freezer ini biasanya digunakan untuk menyimpan material biologis seperti buffy coat (sel darah putih) dan RNA. Jika disimpan dalam ultra low temperature freezer, maka sampel-sampel tersebut dapat disimpan lebih lama dan stabil, bhakan dapat digunakan untuk analisis genetik sesudah penyimpanan. (Roaslein, 2019)

 

Leave a comment

You must be logged in to post a comment.