Menentukan waktu gelasi ‘gel time’ dengan Gelation Timer Techne.

Techne Gelation Timer GT-5 and GT-6

Administrator

Gelation timer ini dikembangkan oleh pendiri Techne, Dr Norman de Bruyne yang dikenal sebagai penemu perekat untuk pembangunan pesawat pada tahun 1930-an dan 1940-an.

Techne Gelation timer shortened GT-5 and GT-6

Kegunaan Gelation Timer dalam penentuan waktu gelasi ‘Gel Time’ yang akurat diperlukan untuk penyesuaian formulasi produk, sehingga waktu gelasi ‘Gel Time’ menjadi parameter penting yang dibutuhkan dalam berbagai bidang industri, diantaranya:

  1. Pembuatan resin, pembuatan cat, polimer, maupun plastic. 

  2. Pengujian komposisi makanan, misalnya pada gelatin. 

  3. Pengujian pada pelapis tablet.

Uji mekanis menggunakan Gelation Timer Techne lebih disukai dibandingkan metode lainnya, dikarenakan Gelation Timer Techne merupakan alat yang simple, mudah digunakan untuk menentukan titik gelasi berbagai senyawa dengan akurasi dan reproduksibilitas tinggi. Faktanya, beberapa British Standar 1)2) menggunakan uji titik gelasi menggunakan Techne Gelation Timer.

Tersedia dua model Gelation Timer; GT5, dengan periode resiprok 60 detik dan GT6 dengan periode resiprok 6 detik. GT6 sangat ideal untuk bahan dengan waktu gelasi pendek antara 5 dan 20 menit saat timer ditampilkan hingga seper sepuluh menit terdekat.



Sumber:

1. BS 2782 : Part 8 : Method 835C : 1980. Determination of gelation time of polyester and epoxide resins using a gel timer. 

2. BS 3532 : 1990. British Standard Method of specifying Unsaturated polyester resin systems.

Leave a comment

You must be logged in to post a comment.