Mengukur Nilai Tegangan Permukaan

Mengukur Nilai Tegangan Permukaan (Cair dan Padat) Menggunakan KRUSS Force Tensiometer - K100

Oktaviani Veronika

Pentingnya tegangan permukaan, baik cairan dan padatan sangat bermanfaat pada berbagai bidang industri, misalnya pembuatan tembok, pembuatan kosmetik, pembuatan obat, kualitas deterjen, dan pemanfaatannya dalam pengolahan industry minyak mentah.

Untuk itu dibutuhkan, sebuah alat untuk mengukur nilai tegangan permukaan. Kruss Force Tensiometer – K100, telah berpengalaman lebih dari 100 tahun dalam inovasi pengembangan surface science dan menjadikan KRUSS K100 nomor 1 di dunia dalam pasar tensiometer.

KRUSS Force Tensiometer memiliki kemampuan pengukuran  surface tension dan interfacial tensioncritical micelle concentration CMC dan contact angle pada padatan, fiber, dan bubuk dengan ketelitian tinggi. Dengan komponen berkualitas tinggi serta beragam metode, K100 dapat melakuakan analisis surfaktan dan wetting measurement.

Metode pengukuran utama yang digunakan K100 berdasarkan pada pengukuran gaya yang terjadi ketika membasahi probe pengukur. K100 menggunakan force sensor khusus dengan resolusi yang tinggi sehingga menghasilkan nilai dengan akurasi tinggi sebesar 0.001 micro newtons, sehingga tegangan permukaan dan antar muka terkecil dapat diukur . Untuk memastikan keakuratan pengukuran, K100 menggunakan metode Du Nouy Ring dan Wilhemy Plate.

Setelah pengukuran selesai, dengan menggunakan interlock feature, secara otomatis force sensor melindungi probe dari kerusakan karena benturan.

Keypad yang mudah digunakan, memungkinkan pengguna mengontrol sample stage, pencahayaan, dan komponen lainnya.

K100 memiliki sampel chamber yang besar yang dilapisi dengan stainless steel chemical resistant. Tempat sampel dilengkapi dengan pintu kaca untuk melindungi pengukuran dari gangguan angin.

K100 juga dilengkapi dengan berbagai macam aksesoris, seperti :

-       The peltier high temperature and control unit. Berfungsi mengatur suhu sampel dengan rentang temperature -15 sampai 300 C

-       Software ADVANCE. Memudahkan mengkases template analisis yang telah digunakan sebelumnya. ADVANCE  menampilkan hasil pengukuran secara langsung dalam bentuk grafik.

KRUSS Force Tensiometer - K100

Aplikasi yang dapat digunakan dengan KRUSS K100:

  • Penentuan efektivitas dan efisiensi surfaktan dengan pengukuran CMC.

  • Perilaku membasahi tablet, bahan aktif farmasi, dan eksipien

  • Pembasahan pernis dan cat

  • Menguraikan konten produk dalam minyak

  • Validasi pembersihan tangki dan pembersihan di industri bahan makanan

  • Pembasahan dan adhesi lapisan

  • Pengembangan produk kosmetik

  • Sifat basah dari tinta

  • Pembasahan bundel serat dan tekstil

  • Sedimentasi dan elastisitas disperse

  • Pengecekan modifikasi permukaan

Leave a comment

You must be logged in to post a comment.