Pendeteksian Bakteri Pencemaran Lingkungan

Pendeteksian Bakteri E.coli dari Pencemaran Lingkungan menggunakan Real Time PCR ECO48

Oktaviani Veronika

 
Related image

Pencemaran lingkungan adalah masuknya makhluk hidup yang berupa zat, energi, dan atau komponen lain ke dalam lingkungan hidup yang dilakukan oleh kegiatan manusia sehingga kualitasnya menurun hingga ke tingkat yang menyebabkan lingkungan hidup tidak dapat berfungsi sesuai dengan peruntukannya.  Salah satu pencemaran lingkungan adalah pencemaran air, pencemaran air dapat disebebkan oleh masuknya makhluk hidup atau zat yang membahayakan bagi kesehatan manusia. Menurut organisasi kesehatan dunia (WHO), kurang lebih sepertiga penduduk dunia menderita berbagai penyakit yang ditularkan melalui air minum yang terkontaminasi oleh mikroorganisme. Setiap tahun sekitar 13 juta orang meninggal akibat infeksi yang berasal dari air minum, 2 juta diantaranya adalah bayi dan anak-anak. Mengkonsumsi air yang terkontaminasi oleh mikroorganisme patogen, baik air minum atau air yang ditambahkan ke dalam makanan, dapat menimbulkan berbagai penyakit gastrointestinal. Salah satu macam pencemaran air adalah  pencemaraan mikroorganisme, seperti bakteri, virus, dan protozoa.

Bakteri yang sering ditemukan  pada air yang tercemar adalah E. Coli. Escherichia coli (E. coli) merupakan bakteri famili Enterobacteriaceae, tergolong dalam kelompok koliform. Beberapa kelompok bakteri ini memberikan manfaat bagi manusia, misalnya mencegah kolonisasi bakteri patogenik pada sistem pencernaan, tetapi beberapa kelompok E. coli lainnya dapat menyebabkan penyakit pada manusia, yang dikenal sebagai E. coli patogenik. E. coli patogenik teridentifikasi pertama kali pada tahun 1935 sebagai penyebab diare. 


Untuk mengetahui keberadaan bakteri ini pada air dapat dilakukan dengan menggunakan uji mikrobiologis konvensional, tetapi waktu yang dibutuhkan cukup lama, yaitu 5-7 hari. Kemajuan teknologi yang ada, memudahkan kita untuk mengidentifikasi bakteri ini dengan cara yang cepat dan mudah. Pendekatan metode molekuler dengan cara mengamplifikasi gen yang spesifik yang terdapat pada genom bakteri Escherichia coli menggunakan teknik real time PCR telah terbukti lebih sensitif dan spesifik serta lebih cepat dalam mendiagnosis infeksi yang disebabkan oleh bakteri Escherichia coli , maupun untuk menilai kualitas air secara mikrobiologis dan untuk mendeteksi keberadaan bakteri patogen dalam air. Eco48 Real Time PCR merupakan salah satu brand real time PCR yang sangat tepat digunakan untuk mendeteksi keberadaan bakteri ini. Eco 48 Real Time PCR memiliki waktu running yang cepat sehingga sangat cocok digunakan untuk mendeteksi bakteri, sehingga dapat cepat diketahui ada cemaran bakteri ini. Eco48 Real Time PCR memiliki masa runiing yang cepat yaitu 40 menit / 40 siklus, hal ini dikarenakan Eco48 Real Time PCR menggunakan CCD kamera yang dilengkapai dengan ALC (Adaptive LED Control) dan juga alat ini memiliki ramp rate 5,5oC/detik. Sehingga Eco48 Real Time PCR sangat cocok digunakan untuk mendeteksi bakteri yang mencemari air.

Leave a comment

You must be logged in to post a comment.