UJI MIKROBIOLOGI BAKTERI E.COLI

Uji Mikrobiologi Bakteri E.coli menggunakan ECO48 REAL TIME PCR

Oktaviani Veronika

Escherichia Coli (E.Coli) merupakan jenis bakteri gram negatif yang umumnya dapat ditemukan pada usus besar manusia. E. Coli yang dapat mengakibatkan keracunan pada manusia adalah E.Coli tipe O157:H7. Jenis ini dapat menghasilkan racun yang mampu merusak dinding dari usus kecil dan dapat mengakibatkan kram perut, diare yang bercampur dengan darah, hingga muntah. Ada bebrapa faktor yang memungkinkan E. Coi dapat tertelan oleh manusia, yaitu makanan yang terkontaminasi, air yang terkontaminasi, kontak langsung dari orang ke orang, dan kontak langsung dengan bintang yang terkontaminasi.

Related image

Di Indonesia, pada tahun 2018, terdapat kasus tercemarnya air di sekolah dengan bakteri E. Coli. Dari peristiwa tersebut, dilaporkan bahwa terdapat 156 siswa yang sakit dengan gejala-gelaja terkontaminasi bakter E.Coli. Pada tahun 2016, di Yogyakarta, ditemukan 67,1% air minum tercemar E.Coli, air minum tersebut berasal dari air kemasan bermerk dan isi ulang.  Kepala BPS Provinsi DIY mengatakan bahwa sumber air minum yang tercemar E.Coli di Yogya mencapai 89%. 

Uji mikrobiologis yang umum dilakukan untuk mendeteksi bakteri E. coli patogenik umumnya adalah secara konvensional, yaitu dengan cara kultur dan uji sifat biokimia. Metode konvensional ini pada umumnya memerlukan waktu 5-7 hari untuk mendapatkan hasil. Tetapi dengan menggunakan real time PCR, deteksi E. Coli dapat dilakukan dalam 6 jam saja. 

Image result for eco 48


Leave a comment

You must be logged in to post a comment.